Kegiatan Ekspor Impor Spanyol

europeanunionUni Eropa adalah organisasi antar pemerintahan dengan anggota negara-negara Eropa. Uni Eropa merupakan kelompok 28 negara independen yang unik. Uni eropa bukanlah sebuah negara federal atau organisasi internasional dalam pengertian tradisional, melainkan sebuah badan otonom di antara keduanya. Dalam bidang hukum, istilah yang digunakan untuk organisasi ini adalah “organisasi supranasional”.

Mengapa Uni Eropa bersifat unik? Karena negara-negara anggotanya tetap menjadi negara yang berdaulat dan independen, tetapi mereka menggabungkan kedaulatan mereka dengan maksud untuk memperoleh kekuatan dan pengaruh kolektif yang lebih besar. Negara-negara anggota Uni Eropa terikat oleh serangkaian traktat yang telah mereka tandatangani seiring dengan perkembangannya. Semua traktat tersebut harus disepakati oleh masing-masing negara anggota, kemudian diratifikasi baik oleh parlemen nasional atau melalui referendum.

Spanyol sudah menjadi anggota Uni Eropa sejak tahun 1986. Sebagai anggota, Spanyol harus mengikuti semua aturan Uni Eropa. Sementara peraturan Uni Eropa mengikat dan berlaku untuk Negara – Negara anggotanya. Perdagangan Spanyol telah memainkan peran penting dalam perekonomian bangsa terhitung lebih dari setengah dai PDB. Namun menurut laporan CIA perdagangan Spanyol melemah yang disebabkan oleh beberapa faktor terutama dalam meningkatkan ketergantungan Spanyol pada impor  bensin dan penurunan daya saing pasar. Selain itu, penurunan eskpor Spanyol juga dikaitkan dengan kekuatan euro, karena dipakai oleh Spanyol untuk perdagangan internasional yang mengakibatkan harga eskpor Spanyol lebih mahal. Spanyol mendapatkan laba bersih sebesar $ 215.700.000.000 di tahun 2009, dan biaya impor yang telah di keluarkan oleh Spanyol sebesar $ 293.200.000.000 di tahun 2009.

Komoditas ekspor utama Spanyol ialah kendaraan bermotor, bahan makanan, obat – obatan. Spanyol merupakan negara penghasil minyak zaitun di dunia. Produksi minyak zaitun Spanyol di tahun 2009 mencapai 41.2% dari seluruh produksi minyak zaitun di seluruh dunia. Sedangkan, komoditas impor Spanyol adalah mekanik dan listrik, besi dan baja. Spanyol dapat mengimpor minyak cukup besar yaitu sebesar 1.813.000 barel per hari. Kegiatan ekspor impor Spanyol telah ff38688dbb9c149ca3d9b602622c4ca8_manfaat-minyak-zaitunbekerjasama dengan beberapa Negara diantaranya seperti Perancis, Jerman, China, Inggris, Belanda, Italia, dan Portugal.

Menurut laporan CIA pada tahun 2009, Spanyol paling banyak mengekspor ke Perancis dan mengimpor dari Jerman serta Anda dapat lihat mengenai mitra dagang utama Spanyol dalam sektor ekspor, yaitu : Perancis (18,3%), Jerman (10,6%), Portugal (8,7%), Italia (8%). Sedangakan sektor impor ialah Jerman (14,5%), Perancis (11,1%), Italia (7,4%), China (6,2%).

Pada tingkat Uni Eropa ( EC ) 178/2002 mengatur tentang prinsip – prinsip umum dan tujuan hukum produk makanan. The Food Safety and Nutrition Law mengumumkan pada tahun 2011 mengenai peraturan meliputi aspek – aspek keamanan pangan tradisional dan penghapusan bahan kimia berbahaya. Spanyol sendiri memiliki sistem desentralisasi untuk pengujian dan pengendalian rantai makanan dimana pemerintah pusat mengawasi makanan – makanan yang telah di produksi sementara masyarakat otonomnya membangun pemantuan mereka sendiri dan rencana pengambilan sampel di seluruh rantai makanan yang dikoordinasikan oleh otoritas nasional.

Salah satu produk yang diekspor oleh Spanyol ialah keju manchego dibuat di wilayah La Mancha, Spanyol dari pasteurisasi Queso Manchegosusu domba jenis Manchega yang berumur antara 60 hari dan 2 tahun, warna dari keju tersebut bervariasi dari putih menjadi kuning gading, kuning menjadi kecoklatan krem dengan rasa khas susu domba. Keju ini dibawah perlindungan Spanyol Denominación de Origen (DO) dan juga Uni Eropa telah diberikan perlindungan atas status keju tersebut berasal. Selama proses pematangan keju ini dicuci, dilapisi paraffin, dan dicelupkan ke dalam minyak zaitun. Selain itu ada juga keju yang mirip dengan keju Manchego yaitu keju ibérico dimana terbuat dari campuran sapi, kambing dan domba.

Di Spanyol, The Ministry of Health, Social Service and Gender Equality ( MSSSI ) bertugas untuk mengontrol impor produk pertanian yang ditunjukan untuk konsumsi manusia. Sedangkan, Departemen pertanian dan lingkungan ( MAGRAMA ) bertugas untuk mengendalikan impor pakan ternak.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih dalam lagi mengenai ekspor – impor di Spanyol, Anda dapat mendaftarkan ke program master European union studies and human rights untuk mempelajari mengenai sistem hukum yang berlaku, hak asasi manusia, kebijakan – kebijakan yang berlaku, dan lain – lain. Program studi ini menawarkan pelatihan dalam konstitusi dan perundang-undangan Eropa mengenai kegiatan ekspor dan impor ini. Dengan mempelajari Master of European Union Studies, Anda akan memiliki peluang karir untuk bekerja di organisasi internasional, kantor perdagangan di Eropa, organisasi non pemerintah dan masih banyak peluang lainnya. Untuk info lebih lanjut silahkan menghubungi ke telp: 021 – 79187066 / 77 atau email: info-asia@ucam.edu.

Standar

Tinggalkan komentar